Kepala Dinas Perdagangan Menjadi Narasumber Kegiatan Sosialisasi Dalam Rangka Pengawasan Industri Semen

“Ketika kita mampu memenuhi kewajiban kita sebagai pelaku usaha, maka akan tercipta picture atau citra yang baik untuk perusahaan” katanya. “Peran koperasi sendiri sebagai suatu badan usaha yang bekerja sama dengan masyarakat dalam meningkatkan taraf perekonomian menuju lebih baik. Koperasi dianggap mampu menyentuh langsung masyarakat bawah, terutama para pelaku usaha yang terkena dampak pandemi.

Webinar tersebut terselenggara dengan pendaftaran Gratis, yang sudah dibuka Secara nasional sudah dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan nantinya para peserta akan mendapatkan E-sertifikat dari Kementerian Kominfo Hadiah Voucher menarik untuk 10 peserta. Adanya visualisasi tersebut membantu untuk memahami pesan literasi yang disampaikan. Selain itu, penggunaan perangkat digital oleh anak juga perlu didampingi oleh keluarga. Pendampingan ini tentu dengan mengajak anak berkomunikasi dengan baik sehingga mereka dapat belajar bertanggung jawab dan berpendapat. Genius Umar, mengatakan kedaulatan dan kemandirian digital bangsa Indonesia menjadi salah satu fokus arahan Bapak Presiden Joko Widodo yang mengajak seluruh elemen bangsa memanfaatkan konektivitas digital agar dapat menghubungkan Indonesia dengan pola pikir, kesempatan bisnis global, dan masa depan baru. “Kampung Hortikultura ini bertujuan agar kita memiliki daerah yang menjadi sumber budidaya hortikultura yang terkonsentrasi.

Menjadi salah satu narasumber dalam bisnis

Memaksimalkan promosi di sosial media, otentisitas dan kreatifitas menjadi kunci yang signifikan dalam meningkatkan produktivitas kita, disamping kontrol diri agar tak terbawa arus godaan konsumerisme. “Blibli juga melakukan kolaborasi dengan pemerintah, termasuk kementerian dan BUMN, untuk mendorong UMK menuju digitalisasi, dan meningkatkan ketahanan di tengah pandemi,” tuturnya. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kerja sama dengan market ini bertujuan agar para mitra binaan mendapatkan informasi langsung terkait e-commerce dan kiat sukses berjualan di dalamnya. Tak ketinggalan, pengembangan Koperasi Multi Pihak, dimana koperasi yang memiliki minimal dua jenis kelompok anggota yang berbeda, untuk mengagregasi kepentingan serta memberi manfaat yang wajar dan berkeadilan. Empat strategi transformasi yaitu modernisasi koperasi, transformasi usaha informal ke formal, transformasi digital dan pemanfaatan teknologi usaha, serta transformasi ke dalam rantai nilai international.

Sebab lembaga koperasi, kata Erik, diyakini sangat sesuai dengan budaya dan tata kehidupan bangsa Indonesia. Di dalamnya terkandung muatan menolong diri sendiri, kerja sama untuk kepentingan bersama , dan beberapa esensi moral lainnya. Berdasarkan online information system per 31 Desember 2020, ditemukan banyak koperasi yang mengalami penurunan modal sendiri dan modal luar sehingga berpengaruh terhadap likuiditas.

Untuk menjadi wirausaha yang berhasil, kata Adi Arnawa, harus didasari keberanian. Selain itu selalu optimis, memiliki SDM yang unggul, inovasi serta mampu memanfaatkan teknologi dengan baik. “Masalah modal itu nomor tiga, yang penting punya keberanian dan optimis, tidak kenal menyerah, sehingga mampu bersaing di era indistri four.0 sekarang ini,” ajak Adi Arnawa. Wawasan komunikasi dengan menguasai berbagai bahasa salah satunya bahasa Inggris juga patut dilakukan, karena Bali sebagai daerah tujuan wisata dunia menuntut penguasaan bahasa asing bagi generasi muda. Mangupura (bisnisbali.com) –Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menjadi salah satu narasumber pada seminar kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Yayasan Dwijendra bertempat di aula SMK Dwijendra, Denpasar, Jumat (17/1). Seminar dengan tema “Menumbuhkan jiwa entrepreneurship untuk Indonesia maju di era industri 4.0” menghadirkan 300 peserta dari siswa SMP kelas 9 se-Kota Denpasar dan Kabupaten Badung.

Kementerian PUPR bersama mitra kerja bidang perumahan akan tetap berupaya pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat bisa tetap terlaksana di lapangan. Dengan memasarkan produk-produknya melalui lelang.go.id, tambah Edward, UMKM diharapkan dapat memperoleh hasil yang optimal. “Paling tidak kalau belum laku terjual produknya sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas,” pungkasnya.