Suggestions Mempertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi

Namun bila diminta dari definisi dan perspektif yang berbeda, UMKM memiliki arti yang jauh lebih luas. Bagi pelaku ekonomi, UMKM adalah perusahaan atau perusahaan yang dijalankan oleh masyarakat dan perumahan. Tapi kini masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah dengan mengajukan pendanaan di Pintek. Ya, sebagai perusahaan fintech yang sudah berizin dan diawasi OJK, Pintek menawarkan layanan keuangan untuk para vendor pendidikan untuk mengembangkan usahanya. Ditambah lagi, di period yang sudah serba digital seperti saat ini hampir semua orang di dunia lebih memilih untuk belanja online. Soalnya dengan jualan on-line, kamu akan lebih hemat bujet karena tak perlu keluar uang untuk membuka toko, kamu juga tidak harus merogoh kocek dalam untuk promosi dan tentu saja toko kamu akan lebih dikenal banyak orang.

Cara berbisnis dalam masa pandemik

Situasi ini bisa jadi peluang usaha buat kamu, orang-orang banyak nyetok makanan dan minuman di rumahnya, pastinya makanan dan minuman yang tahan lama. Kamu bisa jual mie instan, makanan kalengan, minuman serbuk, air mineral, dan lain-lain. Semakin banyak orang akan memilih pengiriman nirsentuh melalui aplikasi seluler yang dapat memindai dan memberikan izin untuk barang yang dikumpulkan pada saat pengiriman. Oleh karena itu, pekerjaan pengembang aplikasi untuk memanfaatkan potensi ini dan mendorong bisnis Anda ke keadaan regular yang baru. Mereka tidak berkompromi dengan biaya penting seperti membangun tenaga yang kuat, merancang strategi pemasaran, mengadakan inventaris, dan sebagainya.

Hal ini terbukti dari penyaluran dana Penempatan Uang Negara yang sudah berhasil dilakukan selama dua periode. Kegiatan promosi ditujukan untuk menginformasikan kepada konsumen yang dituju mengenai suatu produk. Informasi tersebut seperti harga, kualitas, syarat pembeli, kegunaan produk, keistimewaan, dan lain-lain. Melihat dari salah satu fusngsi dari media bagi UMKM yaitu promosi yang memiliki tujuan yang jelas. Umumnya promosi yang dilakukan perusahaan harus didasari oleh beberapa tujuan yaitu modifikasi tingkah laku, memberikan Informasi, membujuk dan mengingatkan. Dalam dunia manufaktur international, banyak bisnis yang terperangkap dan merugi karena COVID-19 akibat mengganggu rantai pasokan bisnis.

Anda bisa mengambil strategi yang sama, yaitu dengan menyajikan makanan yang awalnya banyak dinikmati oleh orang banyak, tapi kini jadi sulit untuk ditemukan. Keberadaan infrastruktur fisik tidak menjamin bahwa manfaatnya sesuai dengan yang diharapkan. Manfaat ekonominya ditentukan oleh sinergi kelayakan teknis, finansial, dan sosial-kelembagaan pada suatu stage yang lebih unggul dari kondisi sebelum atau tanpa keberadaan infrastruktur. Mengacu pada situasi dan kondisi empiris selama ini, kebijakan yang kondusif bagi terciptanya situasi dan kondisi pencapaian tingkat kelayakan tersebut sangat diperlukan. Dari pada kamu bosan di rumah dan merasa tidak produktif, kamu juga bisa mengalihkan waktu luangmu dengan mulai aktif di sosial media, dengan membagikan konten-konten yang bisa menghibur para follower media sosialmu.

Produk baru misalnya, tidak mesti terkait dengan teknologi canggih karena produk yang sederhana juga dapat menyajikan kebaharuan, contohnya rasa baru pada produk makanan . Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan transmisi virus by way of uang tunai, begitu pula para pelanggan. Potensi cashback yang diberikan oleh aplikasi e-wallet pun bisa membuat konsumen semakin dimanjakan. Faktanya, penjualan hand sanitizer di e-commerce saja mengalami peningkatan hingga 585%. Selama masih belum adanya vaksin, kebutuhan akan produk-produk kebersihan diprediksi akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya kasus positif COVID-19. Misalnya, dengan menghadirkan sensasi steak and grill di rumah konsumen.

Salahsatu bentuk implementasi ke arah itu, Kementerian Pertanian telah melakukan gebrakan dengan meresmikan ratusan Toko Tani Indonesia di berbagai wilayah di Indonesia. TTI pada dasarnya merupakan bagian dari model Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat . Sebagai pelaku usaha, diperlukan beberapa langkah untuk dapat bertahan. Perubahan pada pengaturan arus keuangan perusahaan perlu dilakukan untuk tetap dapat mempertahankan bisnis agar berkelanjutan pada kondisi sulit seperti saat ini.

Antara lainmemiliki visi dan misi, memiliki semangat, pandai dan peka membaca peluang, senang menghadapi tantangan, tidak takut gagal, menjadi motivator untuk lingkungan sekitarnya, serta bekerja sama. Kepemimpinan yang inovatif akan sangat berguna dalam mengendalikan serta mengelola teknologi informasi untuk menghadapi tantangan pandemik Covid-19 saat ini. Kita tentu harus tetap bisa menjangkau konsumen dan khalayak pasar kita dengan tetap baik dan tepat sasaran. Maka, sudah bukan hal yang harus dikagetkan lagi, jika saat ini banyak sosial media yang memiliki berbagai fitur penunjang bisnis untuk usernya. Jika barang/jasa yang dijual perusahan tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini, maka perusahaan dapat melakukan produksi atau distribusi produk.

Cek juga aset lancar yang sudah dimiliki; apakah ada yang memungkinkan untuk dijual demi menambah dana darurat bisnis atau justru untuk membayar utang dan produksi? Ingat, setiap rupiahnya akan berharga, jadi lakukanlah perhitungan dengan cermat. Usahakan untuk menyiapkan berbagai jenisfrozen food; mulai darifrozen vegetable, nugget, sosis, hingga cemilan. Jikalaupun tidak terlalu berbakat memasak, usaha ini tetap bisa digarap dengan menjadi agen frozen food di wilayah sekitar.

Selalu lakukan evaluasi pada biaya-biaya yang tidak efektif untuk meningkatkan penjualan, terutama biaya yang besar nilainya. Sederet ide bisnis di atas dijamin sukses asalkan menyertakan inovasi di dalamnya. Selain makanan ringan, frozen meals juga bisa dijadikan ide bisnis di tahun 2020. Pilihan frozen food yang banyak dicari misalnya risol mayo, pisang cokelat, dimsum, cilok, bahkan lauk siap saji dengan kemasan yang divakum.

Namun yang pasti, umat muslim akan tetap berpuasa dan merayakan Lebaran. Anda tetap bisa mengambil peluang berbisnis dengan menjaga ketersediaan stok agar bisa meningkatkan omzet selama bulan Ramadhan. Selain itu, bisnis juga dapat menyampaikan usaha-usaha yang dilakukan untuk melindungi pegawainya dan mematuhi anjuran pemerintah dan otoritas, misalnya memberlakukan work-from-home dan physical distancing. Tapi perlu diperhatikan, saluran atau media apa yang dikonsumsi oleh konsumen, di mana bisnis Anda bisa menceritakan segala usaha yang Anda lakukan.