Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat

Masyarakat juga membantu memberikan peralatan yang diperlukan dalam proses pembuatan papan himbauan ini. Ada sebanyak 10 papan himbauan yang dibuat yang diletakkan di dalam gampong dan juga di daerah wisata sarah. Cuaca yang tidak menentu menyebabkan penundaan proses pengeringan cat dan pengecoran pemasangan papan himbauan dan informasi gampong serta wisata sarah. Setelah itu murid-murid mengaplikasikan langsung cara mencuci tangan tersebut sebelum jam istirahat dan makan. Menjaga kesehatan anak usia dini perlu dilakukan secara berkelanjutan hal ini dapat dilakukan jika adanya pengawasan dan dukungan dari orang tua. Dukungan orang tua dalam menjalankan hidup sehat pada anak adalah dengan memberikan contoh perilaku hidup bersih dan sehat sehingga secara tidak langsung anak akan mengikuti pola hidup tersebut.

Hal ini terlihat dari antusiasnya orang tua murid yang berhadir pada saat kegiatan berlangsung. Menjaga kebersihan pada dasarnya merupakan salah satu cara agar terhindar dari bibit-bibit penyakit hal ini terjadi karena masa anak-anak PAUD adalah masa yang sangat rentan terhadap berbagai bibit penyakit. Sehingga penyuluhan hidup sehat ini penting dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan yang optimal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program ini adalah sudah tersedianya bangunan rumah yang layak pakai dan memadai yang dapat dijadikan sebagai homestay di daerah Gampong Lamseunia. Serta bantuan informasi dari Pak Geuchik, Pak Suhaimy selaku Sekdes, Tuha Peut Gampong, Tante Zahara selaku pemilik rumah, serta bantuan dari pihak masyarakat yang sangat antusias untuk turut ikut serta membantu.

Menjual kemampuan dalam usaha

Segala rencana bisnis untuk mencapai tujuan tertentu di berbagai bidang, termasuk keuangan, pemasaran, proses produksi, penjualan, dan tim harus bisa direncanakan dengan matang oleh wiraswasta. Selain akses pembiayaan, UKM juga menemui kesulitan dalam hal akses terhadap informasi. Minimnya informasi yang diketahui oleh UKM, sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap kompetisi dari produk ataupun jasa dari unit usaha UKM dengan produk lain dalam hal kualitas. Efek dari hal ini adalah tidak mampunya produk dan jasa sebagai hasil dari UKM untuk menembus pasar ekspor. Namun, di sisi lain, terdapat pula produk atau jasa yang berpotensial untuk bertarung di pasar internasional karena tidak memiliki jalur ataupun akses terhadap pasar tersebut, pada akhirnya hanya beredar di pasar domestik. Keseluruhan indikator ekonomi makro tersebut selalu dijadikan acuan dalam penyusunan kebijakan pemberdayaan UKM serta menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan kebijakan yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Pewangi usaha pakaian literan cukup digandrungi saat ini karena karena merupakan pewangi alternatif yang memiliki wangi cukup lama dengan harga yang tidak mahal. Tidak mengherankan jika menjual pewangi pakaian ini dapat menjadi bisnis yang menjanjikan di desa. Walaupun jenis usaha ini tidak terbilang baru dan sudah cukup banyak yang menjalankannya, ternak lele masih menjadi bisnis di desa yg menjanjikan karena permintaannya masih tinggi dan bahkan keran ekspor ke berbagai negara telah terbuka.

Warga Gampong langsung menceritakan tempat-tempat yang baik untuk dijadikan tempat wisata, dan mempublishkannya melalui web site. Selain menunjukkan tempat wisata, warga juga antusias untuk menceritakat paket-paket wisata yang memang telah disediakan sebelumnya, sehingga dapat menjadi tambahan informasi untuk website mengenai paket wisata yang ada. Jika iya, ini merupakan salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan, lho. Anda bisa mengabadikan suatu objek pemandangan ataupun yang lainnya, kemudian anda bisa menjualnya di situs shutterstock dan istockphoto.